JADWAL PESANTREN MAHASISWA
Sabtu (Jam 13.00 - 14.45)
Kajian : Tajwidul Qur'an dan Kitab Salaf (Tauhid, Fiqh, dan Akhlak)
di Koridor Selatan Masjid Salman ITB
 (Gratis, terbuka untuk mahasiswa dan umum)
 

Disamping  gelar  Al-Imam,  beliau  juga  menjadat  gelar sebagai  AlHafiz,  Al-Faqih,  Al-Muhaddith, pembela  As-Sunnah,  penentang  bid’ah,  pejuang ilmu-ilmu agama. Nama lengkapnya adalah Abu Zakariya bin Syaraf bin Mari bin  Hasan bin Husain bin Muhammad bin Jum’ah bin  Hizam AnNawawi Ad-Dimasyqi. 

Beliau dilahirkan di desa Nawa yang termasuk wilayah Hauran pada tahun  631H.  Kakek  tertuanya  Hizam singgah  di  Golan  menurut  adat  Arab, kemudian  tinggal  di  sana  dan  Allah  swt  memberikan  keturunan yang banyak, salah satu diantara adalah Imam Nawawi. 

Banyak  orang  terkemuka  di  sana  yang  melihat  anak  kecil  memiliki kepandaian  dan  kecerdasan. Mereka  menemui  ayahnya  dan  memintanya agar  memperhatikannya  dengan  lebih  seksama.  Ayahnya mendorong  sang Imam  menghafazkan  Al-Qur’an  dan  ilmu.  Maka  An-Nawawi  mulai menghafal  Al-Qur’an  dan  dididik  oleh  orang-orang  terkemuka  dengan pengorbanan  harus  meninggalkan  masa bermain-mainnya karena  harus menekuni  Al-Qur’an  dan  menghafaznya.  Sebagain  gurunya  pernah melihat bahwa  Imam  Nawawi  bersama  anak-anak  lain  dan  memintanya  bermain bersama-sama. Karena sesuatu terjadi diantara mereka, dia lari meninggalakn mereka  sambil  menangis  karena  merasa dipaksa.  Dalam keadaan  yang demikian itu dia tetap membaca Al-Qur’an. 

Demikianlah,  sang  Imam  tetap  terus  membaca  Al-Qur’an  sampai  dia mampu menghafalnya ketika mendekati usia baligh. Ketika berusia 9 tahun, ayahnya  membawa  dia  ke  Damsyiq  untuk  menuntut  ilmu lebih  dalam  lagi. Maka tinggallah dia di Madrasah Ar-Rawahiyah pada tahun 649H. Dia hafal kitab  At-Tanbiih (Fiqh Madzhab Syafi'i)  dalam  tempo  empat  setengah  bulan  dan  belajar  Al-Muhadzdzab (Fiqh Madzhab Syafi'i) karangan Asy-Syirazi dalam tempo delapan bulan pada tahun yang sama. Dia menuntaskan ini semua berkat bimbingan gurunya Al-Kamal  Ishaq  bin  Ahmad  bin  Usman  Al-Maghribi Al-Maqdisi.  Dia  adalah  guru pertamanya  dalam  ilmu  fiqh  dan  menaruh  memperhatikan  muridnya  ini 
dengan sungguh-sungguh. Dia  merasa kagum atas ketekunanannya belajar dan  ketidaksukaanya  bergaul dengan  anak-anak  yang  seumur.  Sang  guru amat mencintai muridnya itu dan akhirnya mengangkat dia sebagai pengajar untuk sebagian besar jamaahnya. 

Guru-guru Imam Nawawi 

Sang Imam belajar pada guru-guru yang amat terkenal seperti Abdul Aziz bin Muhammad Al-Ashari, Zainuddin bin Abdud Daim, Imaduddin bin Abdul  Karim  Al-Harastani,  Zainuddin  Abul  Baqa,  Khalid bin Yusuf  Al-Maqdisi  An-Nabalusi  dan  Jamaluddin  Ibn  Ash-Shairafi,  Taqiyyuddin  bin Abul Yusri, Syamsuddin bin Abu Umar. Dia belajar fighul hadits pada AsySyeikh  Al-Muhaqqiq  Abu  Ishaq  Ibrahim bin  Isa  Al-Muradi  Al-Andalusi. 

Kemudian  belajar  fiqh  pada  Al-Kamal  Ishaq  bin  Ahmad bin  Utsman  Al-Maghribi Al-Maqdisi, Syamsuddin Abdurrahman bin Nuhdan Izzuddin AlArbili serta guru-guru lainnya. 

Imam  Nawawi  tekun  menuntut  ilmu-ilmu  agama,  mengarang, menyebarkan  ilmu,  beribadah,  berdzikir, sabar  menjalani  hidup  yang  amat sederhana dan berpakaian tanpa berlebihan. 

Para Penerus Imam Nawawi 

Tidak  sedikit  ulama  yang  datang  untuk  belajar  ke  Iman  Nawawi. Diantara mereka adalah Al-Katib Shadrudin Sulaiman Al-Ja’fari, Syihabuddin Al-Arbadi,  Shihabuddin  bin  Ja’waan,  ‘Alaudin  Al-Athaar dan  yang meriwayatkan hadits darinya Ibnu Abil Fath, Al-Mazidan lainnya. 

Kesungguhan dan Ijyihadnya 

Setiap  hari  sang  imam  harus  membaca  dan  mempelajari 12  pelajaran pada guru-gurunya. Ini menjadi kewajiban dan syaratnya. Pelajaran-pelajaran yang harus dikuasainya antara lain:s 
•  Dua pelajaran berkenaan dengan Al-Wasiith. 
•  Satu  pelajaran  berkenaan  dengan  Al-Muhadzdzab  oleh  AsySyirazi. 
•  Satu  pelajaran  berkenaan  dengan  Al-Jam’u  baina  Ash-Shahihain  oleh Al-Humaidi. 
•  Satu pelajaran berkenaan dengan Shahih Muslim. 
•  Satu pelajaran berkenaan dengan Al-Luma’ oleh Ibnu Jana. 
•  Satu pelajaran berkenaan dengan Ishaahul Mantiq oleh Ibnu Sikkit. 
•  Satu pelajaran berkenaan dengan Tashrif. 
•  Satu pelajaran berkenaan dengan Ushulul Figh. 
•  Satu pelajaran berkenaan dengan nama-nama perawi hadits. 
•  Satu pelajaran berkenaan dengan Ushuluddin. 

Beliau  membuat  catatan  atas  semua  hal  yang  berkaitan  dengan  apa yang  dipelajari  dengan  cara memberi  penjelasan  atas bagian-bagian  yang rumit baik itu dengan memberinya ibarat atau ungkapan yang lebih jelas dan mudah  dipelajari,  termasuk  pula  perbaikan  dan  pembenaran  dari  segi bahasanya. 

Beliau  tidak  mau  menghabiskan  waktunya  kecuali  menuntut  ilmu. Bahkan ketika beliau pergi ke manapun, dalam perjalanan hingga pulang ke rumah,  beliau  sibuk  mengulangi  hafalan-hafalan  dan bacaan-bacaannya. Beliau  bermujadalah  dan  mengamalkan  ilmunya  dengan  penuh  warak  dan membersihkan jiwa  dari  pengaruh-pengaruh  buruk  sehingga  dalam  waktu yang  singkat  baliau  telah  hafal  hadits-hadits dan  berbagai  disiplin  ilmu hadits.

Tidak  bisa  dipungkiri  dia  adalah  seorang  alim  dalam ilmu-ilmu  Fiqh dan Ushuludin. Beliau telah mencapai puncak pengetahuan madzhab Imam Asy-Syafi’i  ra  dan  imam-imam  lainnya.  Belaiu  juga memimpin  Yayasan Daarul  Hadits  Al-Asyrafiyyah  Al-Ulla  dan  mengajar  di  sana  tanpa mengambil bayaran sedikitpun. 

Tentu saja Allah swt amat berkenan dengan apa yang  beliau lakukan sehingga beliau selalu mendapat dukunganNya sehingga yang jauh menjadi dekat,  yang  sulit  menjadi  mudah  baginya.  Di  samping keahlian itu,  beliau juga mendapatkan tiga hal penting: 

a)  Kedamaian  pikiran  dan  waktu  yang  luang.  Imam  rahimaullah mendapat  bagian  yang  banyak  dari  keduanya  karena  tidak  ada  hal-hal duniawi  yang  menyibukkannya  sehingga  terlena  dalam  hal-hal  yang  tidak bermanfaat. 
b)  Bisa mengumpulkan kitab-kitab yang digunakan untuk  memeriksa dan mengetahui pendapat para ulama lainnya. 
c)  Memiliki niat yang baik, kewarakan dan zuhud yang banyak serta amal-amal sholeh yang bersinar. 

Imam Nawawi sungguh amat beruntung memiliki semua itu sehingga hasil  besar  dicapainya  ketika  beliau baru  berusia  relatif  muda  dan  dalam waktu yang bisa dikatakan amat singkat yaitu tidak lebih dari 45 tahun, tapi penuh dengan kebaikan dan keberkatan dari Allah swt. 

Kitab-kitab  yang  dipelajarinya  dari  guru-gurunya  antara  lain:  Kitab hadits yang enam yaitu Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud, Sunan At-Tirmidzi, Sunan Nasa’I, Sunan Ibn Majah dan Muwatta’nya Imam Malik,  Musnad  Asy-Syafi’i,  musnad  Ahma  bin  Hanbal,  Sunan  Ad-Daarimi, Sunan Daruquthi, Sunan Baihaqi, Syarhus Sunan oleh  Al-Baghawi dan kitab Ma’alimut  Berita  dalam  tafsir  Al-Baghawi  juga,  ‘Amalul  Yaumi  Wallailah oleh Ibnu As-Sunni, Al-Jaami’li Aadaabir Al-Qusyairiyah dan Al-Ansaab oleh Az-Zubair bin Bakar serta banyak lagi. 

Pribadi Dan Perilaku Imam Nawawi 

Imam Nawawi mempunyai penguasaan ilmu yang luas, derajat tekun yang  mengagumkan,  senantiasa  hidup warak,  zuhud  dan sabar  dalam kesederhana  hidupnya.  Pada  waktu  yang  sama,  beliau  juga  dikenal 
mempunyai  kesungguhan  yang  luar-biasa  dan  berbagai  kebaikan  lainnya. 

Beliau  tidak  rela  menghabiskan  satu  menit  dalam  kehidupannya  tanpa ketaatan  kepada  Rabbnya. Beliau  mengandalkan  kehidupan  dari  sumbangan atau  amal  jariyah  yang  diberikan  orang-orang kepada madrasah  ArRawahiyah  yang  dipimpinnya  dan  dari  apa  yang  diwariskan  oleh  ibu bapaknya. 

Sekalipun  demikian,  kadang-kadang  beliau  bersedekah  dari hartanya yang tidak berlebihan itu. Beliau banyak  memanfaatkan  waktu  malam  hari  semata-mata  untuk beribadah dan menulis kitab-kitab agama dan tidak lupa menyuruh berbuat ma’ruf dan mencegah kemungkaran. 

Sebagai  seorang   penegak  kebenaran,  beliau  dengan  gagah  berani menghadapi kedzaliman para penguasa dengan nasihat-nasihat yang bestari dan  mengingkari  mereka  atas  pelanggaran  yang  mereka lakukan  sebagai seorang  penguasa.  Belaiu  tidak  terpengaruh  oleh  celaan  orang-orang  yang mencelanya dalam  menegakkan  agama  Allah  swt.  Jika  tidak  mungkin menghadapi  mereka  secara  langsung,  beliau akan  menulis  surat-surat  yang ditujukan  kepada  mereka  sebagai  media  dakwahnya.

Beliau  senantiasa diliputi  ketenangan  dan  kewibawaan  ketika  membahas  masalah-masalah agama bersama  para  ulama  dengan  mengikuti  warisan  Salafus  Sholeh  dan Ahli Sunnah wal Jama’ah. 

Tidak  perlu  disinggung  lagi  kalau  beliau  amat  rajin membaca  AlQur’an,  berdzikir  dengan  nama-nama Allah  Yang  Agung (Asmaul  Husna), berpaling dari dunia dan memusatkan perhatian dalam urusan-urusan dunia yang memiliki konsekuensi akhirati. 

Kitab-kitab Imam Nawawi 

Beliau telah menghasilkan banyak kitab, diantaranya: Syarah Muslim, Al-Irsyad dan At-Taqrib berkenaan dengan segi-segi umum hadits, Tahdzibul Asmaa’wal  Lughaat, Al-Manaasik  Ah-Shughra  dan  Al-Manaasik  Al-Kubra, Minhajut Taalibin, Bustaanul ‘Arifiin, khulaasahtulAhkaam fi Muhimmaaatis Sunan  wa  Qawaa’idil  Islam,  Raudhatut  Taalibiin  fii  ‘Umdatil  Muftiin, Hulyatul Abrar wa Syi’aarul Akhyaar fii Talkhiishid Da’awaat wal Adzkaar yang lebih dikenal dengan nama Al-Adzkaar lin Nawawi dan At-Tibyaan fii Aadaabi  Hamalatil  Quran  yaitu  kitab  yang  sekrang  pembaca  simak  serta karangan-karangan lain yang berfaedah dan bermanfaat bagi syiar Islam.

Imam Nawawi Meninggal Dunia 

Di  penghujung  usianya,  Imam  Nawawi  bertolak  ke  negeri kelahirannya  dan  berziarah  ke  Al-Quds dan  Al-Khalil.  Kemudian  beliau kembali ke Nawa dan ketika itulah beliau sakit di samping ayah bundanya. Imam  Nawawi  rahimaullah  wafat  pada  malam  Rabu  24  Rajab  tahun  676 H dan  dimakamkan  di Nawa.  Kuburan  beliau  sangat  terkenal  dan  selalu diziarahi  orang-orang  yang  mengagumi perjuangannya  dalam  menegakkan agama Islam. 

Kepergian  sang  Imam  telah  menyebabkan  kesedihan  tiada  terhingga bagi penduduk Damsyiq. Mudah-mudahan Allah swt selalu menganugerahi rahmatNya dan meninggikan derajatnya di syurga.
Sumber : Kitab At-Tibyaan fii Aadaabi  Hamalatil  Quran

Posting Komentar Blogger

 
Top