JADWAL PESANTREN MAHASISWA
Sabtu (Jam 13.00 - 14.45)
Kajian : Tajwidul Qur'an dan Kitab Salaf (Tauhid, Fiqh, dan Akhlak)
di Koridor Selatan Masjid Salman ITB
 (Gratis, terbuka untuk mahasiswa dan umum)
 

Ada perbedaan pendapat mengenai bagian Al-Quran yang terakhir turun.

Kebanyakan orang (terutama di Indonesia) memandang bahwa ayat Al-Quran yang terakhir turun adalah surat Al-Maidah ayat 3. Namun pendapat ini dipandang bukanlah pendapat yag kuat.

Syaikh 'Ali As-Sobuni pada Kitabnya At-Tibyan fi 'ulumil quran merujuk kepada penjelasan Imam As-Suyuthi bahwa pendapat yang sohih dan kuat adalah bahwa ayat Al-Quran yang terakhir turun adalah surat Al-Baqoroh ayat 281.

Penjelasan tersebut di dukung bahwa ayat 3 surat Al-maidah turun pada saat hajji wada. Setelah itu Rosululloh s.a.w. masih hidup sekitar 81 hari. Sedangkan ayat 281 surat Al-Baqoroh turun sembilan malam sebelum Rosululloh s.a.w. wafat.

Pertanyaannya adalah apabila pada al-maidah ayat 3 sudah disampaikan bahwa Allah telah menyempurnakan agama dan meridoi islam sebagai agama, apakah masih diperlukan lagi ada ayat yang lain ?

Pertanyaan itu dijawab bahwa dengan surat al-maidah ayat 3 telah dinyatakan bahwa syari'at itu telah tuntas sempurna. Namun, sepanjang zaman manusia masih membutuhkan peringatan-peringatan. Maka ayat-ayat yang berkaitan dengan peringatan masih diturunkan. Ayat-ayat peringatan tersebut seprti al-baqoroh ayat 281 yang mengingatkan manusia pada hari akhir saat kembali kepada Allah kemudian mendapatkan balasan dari segala amal perbuatannya.

Ayat 281 surat al-baqoroh pun lebih menyiratkan tentang telah dekatnya saat wafatnya Rosululloh s.a.w.

Wallohu a'lam

Ust. Muhammad Yajid Kalam

Posting Komentar Blogger

 
Top